Mengatasi Obesitas (kegemukan)


GEMUK! Satu kata yang sangat menakutkan bagi kaum hawa, dari remaja sampai dewasa. Perempuan yang masih gadispun sibuk dengan tubuhnya saat berat badan tidak sesuai dengan tinggi badan, atau saat bercermin, terlihat ada benjolan-benjolan kecil dibagian punggung tepat dibawah ketti, atau depan perut yang semakin bulat bentuknya. Apalagi untuk ibu-ibu yang habis melahirkan, du...h susahnya minta ampun kalau sudh berurusn dengan lemak-lemak yang takbersahabat.
Saya pernah mengalami itu, tepatnya lima tahun yang lalu saat awal-awal masuk kuliah, tinggi badan saya 149cm, jauh dari tinggi badan yang ideal, masuk akademi keperawatan pun nggak akan lolos. Dengan tinggi badan segitu berat badanku mencapai 60kg! bisa dibayangkan, betapa cabinya saya saat itu, teman-teman sering panggil saya doraemon, atau yang paling parah gajah aboh (gajah bengkak). Pernah nelangsa juga sih, kok tega teman-teman panggil saya seperti itu, sayakan wanita ingin juga dipuji.
Tapi apa boleh buat, nasi sudah jadi bubur, melarang mereka itu sama aja ngejelasin satu persatu orang yang memanggil saya seperti itu. Itu mustahil, teman saya satu kampus, mana mungkin ngejelasin keorang satu kampus? akhirnya kututup telinga dan kukepakkan sayap (mau terbang kali). Lalu, saya pikirkan cara jitu untuk melawan lemak-lemak yang tak beraturan ditubuhku ini. Begini, ini cara-cara yang biasa saya lakukan untuk menguruskan badan dengan cara yang sehat, tanpa bahan kimia, adalah:

Ø Bangun pagi dan olah raga, jalan pagi, lari pagi atau jogging merupakan olah raga yang paling murah meriah tapi mujarab untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Termasuk pengurusan badan, lakukan itu minimal tiga kali dalam seminggu, dah pagi-pagi tubuh segar, bisa cuci mata plus badan sehat lagi, tuh enak kan.

Ø Makan makanan yang mengandung banyak serat, dulu aku sering makan sayur asem dengan bahan utama kangkung atau sayur bayam, duh……segernya siang-siang menunya sayur yang ueenak tenan.

Ø Ganti makan siang dengan sayur-sayuran tadi, artinya yang biasa makan siang pakai nasi untuk impian tubuh ideal perlu dihilangi dulu nasinya. Terus gimana kalau lapar? Makan sayur! Ingat hanya sayur!

Ø Kuarangi makanan yang berlemak, kalau biasanya setiap hari makan coklat, itu berarti porsi coklatnya perlu dikurangi, bisa dua hari sekali.

Ø Jangan manjain tubuh, berhematlah, kurangi konsumsi bensin untuk motor atau mobilmu, gunakan kakimu yang cukup kuat digunakan jalan lebih dari 100m itu.

Saya pernah coba cara-cara tersebut untuk ngurusin badan, hasilnya kurang dari enam bulan berat badanku berkurang hingga 5kg, terus dalam satu tahun berat badanku berkurang lagi 10kg. Dan, sekarang aku puas dengan berat badanku yang tak lebih dari 40kg, sebenarnya masih harus dikurusin, tapi saya nggak mau, kalau terlalu kurus kata ibuku kayak anak cacingan. Yang perlu diingat adalah jangan pernah berharap kurus dalam satu malam atau satu minggu, itu mustahil! Kalau memang ada yang bisa pasti bahaya buat tubuh. Penggemukan badan itu ada prosesnya, bisa 1bulan, 2bulan bahkan lebih, makanya sering orang tidak menyadari bahwa tubuhnya mengalami penggemukan, karna perubahannya tidak terlihat, prosesnya lambat, tapi hasilnya akan sangat tampak saat sudah terlihat perubahan didaerah-daerah tertentu.

Karena penggemukan ada prosesnya, maka pengurusan juga sebaliknya, mustahilkan kulit yang dimelarkan selama berbulan-bulan dalam satu malam langsung terlihat lansing? Jadi untuk para wanita yang sedang proses pelangsingan bersabarlah, kalau bersabar hasilnya juga memuaskan.

0 komentar