A. Latar Belakang

Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia secara keseluruhan, peningkatan kualitas pendidikan, pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan relevansi pendidikan (link and match) serta kebersamaan dalam proses penyelenggaraan pendidikan merupakan kebijakan dan program yang harus dilaksanakan. Hal ini karena pendidikan merupakan bidang yang sangat tepat dan strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkesinambungan.


Sekolah atau madrasah sebagai unit pelaksana teknis dalam bidang pendidikan harus mampu menghasilkan out put yang berkualitas sesuai dengan jenjang pendidikan yang dilaksanakan, baik tingkat dasar maupun menengah. Untuk itu di sekolah dan madrasah diperlukan adannya sumber daya manusia (tenaga guru dan tenaga kependidikan) yang lebih berkualitas, yang mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan hasil yang optimal. Dengan demikian, di sekolah dan madrasah diperlukan adanya manajemen sumber daya manusia yang tepat, terencana dan terarah. Sementara itu, dalam manajemen tentunya akan menyangkut pula hal-hal yang berkaitan dengan kepemimpinan.


Berbagai perubahan masyarakat dan krisis multi dimensional yang sedang melanda krisis Indonesia saat ini, antara lain ditandai dengan sulitnya menemukan sosok pemimpin idealis yang memiliki komitmen tinggi terhadap pendidikan. Kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting dalam manajemen madrasah. Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala madrasah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Perilaku kepala madrasah harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat dan penuh pertimbangan terhadap para guru, baik secara individu maupun kelompok.


Kepala madrasah sebagai Top Leader memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan secara optimal. Setiap kepala madrasah harus memiliki perhatian yang cukup tinggi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di madrasahnya. Perhatian tersebut harus ditunjukkan dalam kemauan dan kemampuan untuk mengembangkan diri, mengembangkan sumber daya manusia yang ada dan mengembangkan madrasahnya secara optimal.


Seorang kepala madrasah harus jeli melihat potensi bawahannya agar potensi tersebut dapat dikembangkan bagi kepentingan madrasah. Seorang manajer yang baik tidak akan melihat bawahannya dari sudut kekurangan, tetapi dari segi kelebihannya. Untuk itu, kepala madrasah sebagai manajer harus dapat mengenal kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh para tenaga kependidikan.


Dengan memperhatikan pernyataan-pernyataan di atas, maka di sini penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian tentang "Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengelola Tenaga Pendidik dan Kependidikan". Hal ini karena kepemimpinan merupakan intisari dari manjemen. Apalagi dengan adanya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang sangat cepat pada beberapa decade terakhir ini, yang juga menuntut kemampuan SDM di madrasah (baik tenaga guru maupun tenaga kependidikan) untuk terus menerus dikembangkan dan ditingkatkan sehingga tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi dan informasi.


Rumusan Masalah

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam megelola SDM yang telah berlaku di suatu sekolah tertentu. Adapun masalah-masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini nanti dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Bagaimana perencanaan kepala madrasah dalam mengelola SDM yang ada ?
  2. Bagaimana kemampuan SDM yang ada di sekolah tersebut ?
    1. Tenaga Guru
    2. Tenaga Kependidikan
  3. Apa upaya kepala madrasah dalam meningkatkan SDM yang ada di sekolah tersebut ?
    1. Tenaga guru
    2. Tenaga Kependidikan
  4. Bagaimana pembagian tugas yang dilakukan oleh kepala madrasah di sekolah tersebut ?


Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi menyeluruh tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam manajemen SDM . Berdasarkan rumusan-rumusan masalah di atas, maka secara khusus penelitian ini bertujuan sebagai berikut:

  1. Ingin mendeskripsikan perencanaan kepala madrasah dalam mengelola SDM yang ada.
  2. Ingin mendeskripsikan kemampuan SDM tenaga guru yang ada di sekolah tersebut.
  3. Ingin mendeskripsikan kemampuan tenaga kependidikan yang ada di sekolah tersebut.
  4. Ingin mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan SDM tenaga guru di sekolah tersebut.
  5. Ingin mendeskripsikan upaya-upaya kepala madrasah dalam meningkatkan SDM tenaga kependidikan di sekolah tersebut.
  6. Ingin mendeskripsikan pembagian tugas yang dilakukan oleh kepala madrasah di sekolah tersebut.


Kegunaan Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak sebagai berikut:

  1. Kepala Madrasah

diharapkan dapat menjadi masukan dalam menjalankan tugasnya sebagai edukator, manajer, dan supervisor yang baik dan benar.

  1. Supervisor/pengawas

untuk pembinaan khususnya di MTsN Keras Jombang dengan manajemen madrasah yang baik dan memberikan masukan untuk kepentingan supervisi, monitoring, evaluasi, dan sebagainya. .

  1. Kepala Kantor Departemen Agama

dijadikan masukan sebagai dasar informasi dalam menentukan kebijakan untuk pembinaan madrasah, khususnya di MTsn Keras tersebut.

  1. Tenaga guru dan tenaga kependidikan

berguna untuk menambah pengetahuan dan menambah kesadaran bagi guru dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah ini dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sehari-hari, sehingga mereka lebih professional dalam bekerja.

0 komentar